KP. Sehati Farm

Kebun Percobaan (KP) merupakan salah satu tempat untuk pengembangan mengasah kemampuan mahasiswa yang potensial mendukung peningkatan hard skill di bidang pertanian. Kebun percobaan dapat diartikan sebagai sebidang tanah yang memiliki karakteristik agroekosistem tertentu yang dilengkapi dengan sarana prasarana pendukung sebagai tempat pengelolaan tanaman. Kebun Percobaan dapat digunakan sebagai lokasi untuk koleksi tanaman hias, bibit tanaman buah dan sayur, penelitian dan praktikum, visualisasi hasil penelitian, dan kebun pengembangan kreativitas mahasiswa. Dengan demikian, KP berperan sangat penting dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Fakultas Pertanian Universitas Pekalongan.

Kebun percobaan lingkup Fakultas Pertanian secara umum belum dikelola secara optimal karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM),sarana dan prasarana,dan juga  anggaran.Selain itu,status kepemilikan lahan KP belum menjadi tanggung jawab Fakultas Pertanian sepenuhnya dan tidak ada batasan yang jelas,sehingga rawan terhadap tuntutan kepemilikannya oleh pihak lain.

Kebun percobaan berperan sangat vital untuk memvisualisasikan teori yang didapatkan dari perkuliahan sehingga diharapkan mahasiswa lebih memahami tentang pertanian.Untuk itu KP perlu ditata dengan baik agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya.

Kebun percobaan dalam melaksanakan fungsinya perlu memiliki sarana dan prasarana yang memadai, baik untuk mendukung kegiatan penelitian dan praktikum, juga kegiatan mahasiswa dalam bidang pertanian.

Kebun Percobaan yang dimiliki Fakultas pertanian berada di dua tempat yang terdiri dari

  1. Kebun Percobaan “SEHATI FARM” (berada di sekitar lokasi Rusunawa UNIKAL)
  2. Kebun Percobaan Slamaran (berada di sekitar komleks lahan perikanan UNIKAL di slamaran

Pengembangan program diharapkan berkelanjutan untuk mendukung kegiatan kebun percobaan tetap berjalan. Peran keaktifan dosen dan mahasiswa dalam mendukung keberlangsungan kegiatan di lingkungan kebun percobaan sangat menentukan, oleh karena itu program kegiatan lanjutan diluar praktikum dan penelitian pendukung antara lain :

  1. Program Kewirausahaan Mahasiswa
  2. Program Pengembangan Keilmiahan
  3. Program Pelestarian Lingkungan.